PENEMUAN CAIRAN BERBAHAYA DI MARKAS FPI

Hukum52 views

BUANAMETRO.com, Jakarta – Eks markas FPI di Petamburan, Jakarta Barat digeledah Densus 88 buntut ditangkapnya eks Sekretaris Umum FPI, Munarman. Saat penggeledahan tersebut, Densus 88 menemukan bahan peledak jenis TATP. Belakangan pihak Munarman membantah hal tersebut dan menyebut yang ditemukan Densus 88 adalah cairan pembersih WC, dialansir dari detiknews.

Penggeledahan tersebut dilakukan pihak kepolisian, pada Selasa (27/4) sekitar pukul 17.00 WIB. Selang 4 jam kemudian, pihak kepolisian membawa 3 buah kontainer.

Densus 88 sendiri menemukan sejumlah benda mencurigaan saat penggeledahan di eks Sekertariat FPI tersebut. Salah satunya yang ditemukan yakni bahan peledak TATP.

“Dalam penggeledahan kantor sekretariat ormas terlarang, ditemukan, pertama atribut ormas terlarang yang sudah dilarang pemerintah. Berapa atribut terlarang, beberapa dokumen yang akan didalami Densus 88,” kata Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4/2021).

Polisi juga menemukan serbuk yang memiliki kandungan nitrat. Penemuan serbuk tersebut masih diselidiki oleh polisi.

“Kemudian beberapa tabung yang isinya adalah serbuk yang dimasukkan di dalam botol-botol yang serbuk tersebut mengandung nitrat yang sangat tinggi, jenis aseton dan itu juga akan didalami penyidik,” katanya.

Pihak Munarman, yakni kuasa hukum, Aziz Yanuar membantah temuan Densus 88 tersebut. Dia mengatakan cairan yang ditemukan pihak kepolisian adalah cairan pembersih WC.

“Itu bahan pembersih WC infonya, untuk program bersih bersih wc masjid,” kata eks pengacara FPI itu saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/4/2021).

Lantas apakah TATP terkandung di dalam bahan pembersih WC?

Berdasarkan penelusuran kami di beberappa laman di google tentang TATP, kami tidak menemukan merek pembersih WC yang terkandung bahan TATP. triacetone triperoxide (TATP) adalah salah satu bahan peledak yang paling umum digunakan oleh kelompok teroris dan kriminal. Bahan kimia ini mudah disintesis dengan reagen yang dijual bebas. Selain itu, sulit untuk dideteksi karena tidak mengandung nitrogen.

Bahan-bahan ini juga kerap ditemukan dalam saat penggeledahan terduga teroris. Salah satunya saat penggeledahan jaringan JAD di Bekasi pada Mei 2019. TATP ini juga termasuk bahan yang dipakai dalam rangkaian bom gereja Surabaya pada tahun 2018.

Lantas, apakah pembersih WC mengandung TATP? Berdasarkan penelusuran kami lewat google pada sejumlah merek cairan pembersih WC atau porselen, tidak ada kandungan TATP dalam komposisinya. Sejumlah pembersih WC hanya mengandung bahan asam aktif asam klorida atau hydrochloric acid (HCL) yang berguna untuk melarutkan kerak kotoran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 komentar

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m
    not seeing very good gains. If you know of any please share.
    Appreciate it! You can read similar blog here:
    Najlepszy sklep

  2. Hey there! Do you know if they make any plugins to help with SEO?
    I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good
    success. If you know of any please share. Cheers! You can read similar article here: Auto Approve List

  3. Hi! Do you know if they make any plugins to assist with
    Search Engine Optimization? I’m trying to get my website
    to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.

    If you know of any please share. Thanks! You can read similar article here: Backlink Portfolio