Wakil Bupati Nias Ikuti Musrenbang RPJPD Dan RKPD Tahun 2025

Lainnya11 views

BUANAMETRO.com, Nias – Dilansir dari niaskab.go.id, Wakil Bupati Nias Arota Lase mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025, yang dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Dyandra Medan, Jumat (08/03/2024).

Dalam arahannya Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, bahwa Musrenbang kali ini bertujuan untuk menyelaraskan visi RPJPD Provinsi dan Kabupaten/Kota yakni Sumatera Utara Unggul, Maju dan Berkelanjutan.

Sehingga, untuk mewujudkan visi tersebut, tentunya Provinsi Sumatera Utara menyusun agenda misi dengan melakukan transformasi dalam beberapa bidang, antara lain: Sosial, Ekonomi, Tata Kelola Pemerintahan, Supremasi Hukum, Ketahanan Sosial Budaya, Pemerataan Pembangunan, Sarana dan Prasarana serta Pembangunan Yang Berkesinambungan.

Musrenbang adalah wadah untuk menyamakan pemahaman arah pembangunan dengan menyesuaikan potensi, kekhasan dan kebutuhan daerah masing-masing.

“Saya berharap agar kegiatan ini dapat membawa kesepahaman seluruh stakeholder mengenai arah pembangunan yang akan dilakukan. Pembangunan Sumut tidak akan terwujud tanpa sinergi seluruh pemangku kebijakan.

Selain itu, Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memberikan Penghargaan kepada Kabupaten/Kota yang terdiri dari Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2024, Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Utara dengan Nilai “Baik”, Penghargaan Perwakilan Mitra Corporate Social Responsibility (CSR) Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Sumatera Utara, beberapa Kabupaten/Kota terbaik Se-Sumatera Utara atas Realisasi Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2023 yakni, Kabupaten Asahan, Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Padang Lawas Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidimpuan, Kabupaten Nias, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Humbang Hasundutan dan Kabupaten Simalungun.

Pj. Gubernur Sumatera Utara, ia mengapresiasi Kabupaten/Kota yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk membangun Daerah. (Om-L)