Balai Besar Pengembangan SDM-P Kominfo Monitoring Alumni Digital Leadership Academy Dan Sosialisasi IMDI

Lainnya6 views

BUANAMETRO.com, Nias – Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan menggelar Monitoring Alumni Digital Leadership Academy Tahun 2023 dan Sosialisasi Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI), bertempat di Aula Gido Lantai III Kantor Bupati Nias, Rabu (21/02/2024).

Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai, SH.,MH, Kepala BPSDM KOMINFO Kementerian Kominfo Dr. Eng. Hary Budiarto, Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan Dr. Christiany Juditha, S.Sos., MA, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nias Selatan, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Nias, Asisten Pereknomian Setda Nias Utara, Kepala Diskominfo Kabupaten Nias Utara, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan serta Ketenagakerjaan Kabupaten Nias, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias dan Mewakili Kepala BKPSDM Kabupaten Nias.

Kepala Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian Kominfo Medan Dr. Christiany Juditha menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan atas terlaksananya kegiatan ini.

Tujuan kehadiran kami untuk mensosialisasikan Inti dari Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) khususnya di Kepulauan Nias. Selain itu, kami akan memaparkan beberapa Program Pengembangan Peralihan digital untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan.

Kegiatan ini adalah upaya peningkatan pengembangan SDM Kominfo serta mendukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang digital yang komprehensif dan berkelanjutan mulai dari level literasi digital, talenta digital sampai dengan level kepemimpinan era digital tahun 2024.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Samson P. Zai menyampaikan bahwa saat ini kita sedang berada dalam era Digitalisasi. Untuk itu, perlu dilakukan penyesuaian pada setiap perubahan-perubahan yang ada.

Berbeda dengan masa sebelumnya, Ilmu Komunikasi dan Informatika tidak begitu difavoritkan, namun seiring kemajuan teknologi kita dituntut untuk menguasai ilmu tersebut.

Samson Zai mengatakan, di era digitalisasi ini harus banyak menggali informasi agar menambah pengetahuan dan menerapkannya dalam segala aktivitas dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Saya berharap agar di tahun 2024 ini semua laporan dan dokumen menggunakan sistem digital. Utamanya seluruh Dinas Kominfo se-Kepulauan Nias diwajibkan untuk mengembangkan sistem digitalisasi ini serta mengembangkannya melalui sosialisasi, motivasi dan langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

Pulau Nias merupakan Daerah 3T, kiranya melalui sosialisasi ini Pulau Nias dapat beranjak dan terlepas dari ketertinggalan dan secepatnya dapat menyesuaikan pada setiap perubahan-perubahan yang ada. (Ome-L)