Plt. Wali Kota Gunungsitoli Lantik 34 Orang Penjabat Kepala Desa

Lainnya3 views

BUANAMETRO.com, Gunungsitoli – Plt. Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, melantik 34 orang Penjabat Kepala Desa Se-Kota Gunungsitoli di Ruang Rapat  II Kantor Wali Kota Gunungsitoli, Jumat (02/02/2024).

Dalam arahannya, Plt. Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli mengatakan bahwa, pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Penjabat Kepala Desa yang dilaksanakan pada hari ini merupakan tindak lanjut dari UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 serta Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 5 Tahun 2018 Pasal 82 yang mengamanatkan Penjabat Kepala Desa diambil sumpah/janji dan dilantik oleh Wali Kota atau Pejabat yang dihunjuk untuk itu.

Lanjutnya, dalam menjalankan dan melaksanakan kewenangan Desa tersebut, pemerintahan Desa dipimpin dan dikendalikan oleh seorang Kepala Desa juga bertanggungjawab dalam hampir semua aspek kehidupan masyarakat Desa. Sebagai Penjabat Kepala Desa sangat menentukan sukses-tidaknya atau maju-mundurnya Desa yang dipimpin kedepannya.

Ada beberapa hal yang ingin saya tekankan kepada Penjabat Kepala Desa yang baru saja dilantik dan diambil sumpah/janji yakni, Penjabat Kepala Desa selain mengabdi kepada masyarakat di Desanya dan juga tanpa mengabaikan tugas-tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil, Penjabat Kepala Desa segera mengkoordinasikan kepada Perangkat Desa dan BPD terkait penyelesaian permasalahan administrasi maupun permasalahan lainnya yang ada di Desa.

Penjabat Kepala Desa diharapkan segera melakukan pengajuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Tahun 2024 serta segera menetapkan LPJDesa 2023, Penjabat Kepala Desa diharapkan dapat menerjemahkan setiap Priotas Nasional dalam membangun Desa sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, sebagai contoh dalam penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa agar tepat sasaran dalam ketahanan pangan, Penjabat Kepala Desa harus berperan sebagai pelopor dalam pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Kepada Kepala Desa yang telah berakhir masa tugasnya, Saya atas nama Pemerintah Kota Gunungsitoli mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Saudara atas pengabdiannya selama ini, dan pengabdian Saudara akan selalu diingat dan dikenang oleh masyarakat. (Ome-L)