Disbudparpora Bersama Kejari Nias Selatan Tandatangani Kesepakatan Kerjasama Datun

Nasional15 views

BUANAMETRO.com, Nias Selatan – Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga (Disbudparpora) dan Kejaksaan Negeri Nias Selatan menandatangani kesepakatan kerjasama Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), yang dilaksanakan di Aula Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Jalan Diponegoro Kelurahan Pasar Telukdalam, Rabu (02/03/2022).

Adapun dasar hukum tercapainya kesepakatan kerjasama tersebut adalah Peraturan Jaksa Agung RI Nomor: Per-025/A/JA/11/2015 tentang petunjuk Pelaksana Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum Lain dan Pelayanan Hukum di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Selain itu, Peraturan Daerah Nomor 04 Tahun 2011 tentang Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Nias Selatan dan Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Kepala Dinas Budparpora Nias Selatan, Anggreani Dachi, SP., M.Si., dalam sambutannya menyebutkan maksud kesepakatan kerjasama adalah untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi kedua lembaga, serta meningkatkan efektifitas penanganan masalah hukum dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara baik di dalam maupun di luar pengadilan.

“Dengan kerjasama ini kita juga berharap dukungan dari Kejari Nisel agar pelaksanaan Nias Pro Tahun 2022 dan kegiatan lain yang dilaksanakan oleh Disbudparpora Nias Selatan dapat berjalan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta berhasil guna meningkatkan pembangunan untuk kesejahteraan Masyarakat,”Ucap Anggreani.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Mukharom, SH., MH., mengharapkan jajaran Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan dapat bekerja dengan baik sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Pada prinsipnya Kejaksaan Negeri Nias Selatan siap mendukung pelaksanaan Nias Pro Tahun 2022 termasuk kegiatan lain yang mengarah pada peningkatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,”tuturnya Mukharom.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Nisel, Ya’atulo Hulu, SH., menjelaskan kewenangan Jaksa Pengacara Negara dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara serta kaitannya dengan Pemerintah Pusat/Daerah, Badan Usaha Milik Negara/Daerah dan Bidang Hukum lainnya.

Hadir pada acara tersebut Kasi Intel Kejaksaan Negeri Nias Selatan, Satria Dharma Putra Zebua, SH., dan jajarannya, Sekretaris Dinas Budparpora, Sanehaoni Bidaya, SE., M.I.P., para Kepala Bidang dan Kasi/Kasubbag Dinas Budparpora. (F.Lase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *